Minggu, 11 Agustus 2013

Elang Terbesar

Elang adalah burung karnivora yang berukuran cukup besar, sehingga memungkinkan mereka memakan seekor ayam dan semacamnya. Tapi tahukan anda Elang terbesar yang pernah hidup di Bumi ini?
Bagi sebagian orang pasti sudah tidak asing lagi dengan elang ini.

Haast's Eagle / Elang Haast (Harpagornis Moorei)
Ukuran Manusia terhadap burung Moa
Haast Eagle (Harpagornis moorei) adalah spesies yang telah punah dari elang yang pernah hidup di Pulau Selatan, Selandia Baru, yang telah di terima oleh masyarakat dengan legenda Pouokai of Maori. Spesies ini adalah elang terbesar yang diketahui telah ada. Mangsanya utamanya terdiri dari moa. Ukuran besar ini elang mungkin telah respon evolusioner dengan ukuran mangsanya, karena keduanya akan menjadi jauh lebih kecil ketika mereka pertama kali datang ke pulau itu, dan akan tumbuh lebih besar dari waktu ke waktu karena kurangnya kompetisi (lihat Island gigantism). Haast Eagle punah sekitar tahun 1400, ketika sumber makanan utama, moa, diburu ke kepunahan virtual dengan Maori, dan banyak habitat padat-hutan dibersihkan.
Analisis DNA telah menunjukkan bahwa raptor ini terkait erat dengan elang yang kecil yang tak lain adalah Booted eagle (kedua dua spesies baru direklasifikasi sebagai milik genus Aquila), dan tidak, seperti yang diduga sebelumnya, sampai  Wedge-tailed Eagle dewasa. Dengan demikian, Harpagornis moorei mungkin akhirnya akan direklasifikasi sebagai Aquila moorei. H. moorei mungkin telah menyimpang dari elang kecil ini baru-baru ini 700.000 menjadi 1,8 juta tahun yang lalu. Peningkatan dalam berat badan dengan sepuluh sampai lima belas kali selama periode tersebut adalah peningkatan evolusi terbesar dan tercepat di berat setiap vertebrata dikenal. Hal ini dimungkinkan sebagian oleh kehadiran pemangsa besar dan tidak adanya persaingan dari predator besar lainnya. 
Spesies ini adalah raptor terbang sesungguhnya, Elang betina biasanya lebih besar daripada elang jantan. Dan di perkirakan elang betina spesies ini memiliki berat sekitar 10-15 kg (22-33 lb) dan laki-laki sekitar 9-12 kg (20-26 lb).Sebuah perbandingkan dengan elang dari wilayah Australasia hidup mengakibatkan estimasi massa di Eagles Haast 11,5 kg (25 lb) untuk pria dan 14 kg (31 lb) untuk wanita. Dan mereka memiliki bentang sayap yang relatif kecil untuk ukuran mereka. Diperkirakan bahwa betina dewasa dapat membentang hingga 2,6 m (8,5 ft), mungkin sampai 3 m (9,8 kaki) dalam beberapa kasus.  lebar sayap ini secara umum mirip dengan kisaran yang lebih besar ukuran perempuan dalam beberapa elang yang masih ada: Wedge-tailed Eagles (Aquila audax), Golden Eagles (A. chrysaetos), Eagles Steppe (A. nipalensis), Martial Eagles (Polemaetus bellicosus) dan Steller Sea Eagles (Haliaeetus pelagicus). Sayap pendek mungkin telah membantu Eagles Haast ketika berburu di semak belukar yang lebat dan hutan Selandia Baru. Haast Eagle kadang-kadang digambarkan sebagai salah berevolusi menuju flightlessness, tapi ini tidak begitu, melainkan merupakan awal evolusi ke ukuran sayap yang lebih lebar dan memiliki banyak jenis.

sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Haast%27s_eagle#Size_and_habits

Tidak ada komentar:

Posting Komentar